Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Pages

Senin, 13 Desember 2010

Kisah Inspiratif Kedermawanan

     Ummu Salamah, istri Rasulullah saw. bercerita, suatu hari Rasulullah masuk kerumahku dengan muka pucat. Aku khawatir beliau sedang sakit " Wahai Rasulullah, mengapa wajahmu pucat begini?" tanyaku.
     Rasulullah menjawab, " aku pucat bukan karena sakit, melainkan karena aku ingat uang tujuh dinar yang kita dapat kemarin, sampai sore ini masih berada di bawah kasur dan kita belum, menginfakannya, " (H.r. Al-haitsami)
     Aisyah berkata, suatu hari, ketika sakit rasulullah menyuruhku bersedekah dengan uang tujuh dinar yang disimpannya dirumah. Setelah menyuruhku bersedekah, beliau lalu pingsan. Ketika sudah siuman, Rasulullah bertanya kembali, "Uang itu sudah kau sedekahkan?"
                     "Belum, karena aku kemarin masih sangat sibuk," jawab Aisyah.
                      Rasulullah bersabda, "Mengapa bisa  begitu, ambil uang itu!"
      Begitu uang itu sudah dihadapannya, Rasulullah bersabda, " Bagaimana menerutmu seandainya aku tiba-tiba meninggal, sementara aku mempunyai uang yang belum kusedekahkan? Uang ini tidak akan menyelamatkan Muhammad seandainya ia meninggal sekarang, sementara ia mempunyai uang yang disedekahkan." (H.r. Ahmad)
                            
Mutiara Kata



  1. Budi pekerti luhur adalah sikap dermawan. Menyingkirkan duri di jalan dan seulas senyum diwajah, adalah juga kedermawanan ( Hasan Al-Basri )
  2. Apabila seseorang ingin  selamat dari siksa kubur, hendaklah ia melazimkan empat perkara, yaitu menjaga shalatnya, bersedekah, membaca Al-Qur'an, dan memperbanyakkan membaca tasbih,karena dengan tasbih maka kuburnya akan tersinari dan terlapangkan. (Abu As-Samarqandi)
  3. Shalat itu mengantarmu setengah jalan, puasa itu mengantarmu ke pintu kerajaan, dan sedekah itu membawamu masuk ke dalamnya. (Sahl bin Abdullah At-Tusturi)
  4. Satu dirham disedekahkan ketika masa sehat dan bakhil lebih afdal(baik) daripada seratus dirham diwasiatkan ketika akan mati. (Ibnu Mas'ud)
  5. Sedekah itu menolak bencana. (Sabda Nabi saw)
  6. Setiap ruas tulang tubuh manusia wajib dikeluarkan sedekahnya setiap hari ketika matahari terbit. Mendamaikan antara dua orang yanh berselisih adalah sedekah, menolong orang dengan membantunya menaiki kendaraan atau mengangkatkan barang keatas kendaraannya adalah sedekah, kata-kata yang baik adalah sedekah, tiap langkahmu untuk mengerjakan shalat adalah sedekah, dan membersihkan rintangan dari jalan adalah sedekah. (sabda Nabi saw)
  7. Orang yang pemurah itu dekat dengan Allah, dekat dengan manusia, dekat dengan surga, dan jauh dari neraka. sedangkan orang bakhil itu jauh dari Allah, jauh dari manusia, jauh dari surga, dan dekat dengan neraka (Sabda Nabi saw)
  8. Bohong kalau kalian mendengar nasihat dan menangis di hadapanku, tapi saat orang datang meminta uluran tangan, kalian malah membiarkannya. itu menunjukan tangisan kalian belum karena Allah. ( Syekh Abdul Qadir Al-Jailani)
                                Dikutip dari buku motivasi islami dosis tinggi : irham sya'roni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar