Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Pages

Rabu, 21 September 2011

Bukit Bengkirai


Kawasan Wisata Bukit Bengkirai terletak pada Km 38 jalan raya Soekarno Hatta Balikpapan Samarinda, merupakan kawasan wisata alam berupa hutan alami yang masih asli. Kawasan wisata alam ini berada di areal PT. Inhutani I Unit Manajemen Hutan Tanaman Industri (UMHTI) dan diresmikan pada tanggal 14 Maret 1998 oleh Mantan Menteri Kehutanan Ir. Djamalluddin Suryohadikusumo. Merupakan kawasan yang berperan penting untuk mengembangkan monumen hutan alam tropika basah. 
  • Canopy Bridge (Jembatan Tajuk),merupakan jembatan yang menghubungkan pohon canopy satu dengan pohon canopy yang lain setinggi 25-30 meter dari permukaan tanah dengan panjang keseluruhan 64 meter dan menguhubungkan 5 pohon Bangkirai. Dari atas jembatan dapat dilihat formasi Tajuk Tegakan Dipterocarpaceae sebagai ciri dari Hutan Hujan Tropis yang cukup indah dan membentuk stratum atas yang saling sambung menyambung.
Wisata alam ini dinamakan Bukit  Bengkirai karena wilayah Topografi wilayahnya pada perbukitan dan ditumbuhi 40 persen  pohon dari jenis  kayu bengkirai ( shorea laevis). Selain itu tentu saja kawasan ini banyak ditumbuhi pepohonan ciri khas hutan hujan tropis  seperti Ulin, Meranti, Kruing bermacam jenis Rotan dan masih banyak lagi.

Itu tulisan Copas dari Wikipedia hehe,  You mesti kesini kalau ke Kaltim ^^v
welcome


kayu kruing

jagalah kebersihan








tinggi ya

awas dirajia polisi (saety first)



tangga putar





uji nyali

jembatan




sun

He cry,, hehe


cotage


Kamis, 04 Agustus 2011

Write Corat Coret


Kini kuberanjak dewasa dan mulai menua,
Kubercermin , kuliahat wajahku , janggut dan kumis sekarang ada diwajahku,,
Hahahahaha,,, aku sekarang sudah tua,, entah berapa lama lagi sisa hidupku?
Sekarang aku tau, hidup itu tak semudah yang kubayangkan
Seperti dulu sewaktu kecil . Hidup itu mudah
Setelah kau pergi meninggalkanku, meninggalkan dunia yang fana ini.
Seketika itu aku sadar, aku sekarang adalah seorang Yatim
Yatim membuat ku banyak berpikir tentang hidup ini.
Sedih dan senang adalah ujian, Tergantung kita bagaimana menyikapi semua ini...
Aku mulai mengerti apa itu hidup ?
Aku mulai mengerti siapa musuhku sebenarnya di dunia ini ?
Aku mulai mengerti bagaimana susahnya melawan musuh ku itu
Aku mulai mengerti,, sedikit demi sedikit
Aku mencoba memahami siapa diriku sebenarnya
Aku mencobaMemahami skenario Tuhan atas diriku
Aku berpikir bagaimana menyelamatkan diri dan keluargaku dari  siksa api Neraka
Yang kutahu dunia ini adalah panggung sandiwara
Aku adalah aktor utama dalam kisah berjudul Yasin Amin bin Zainal Abidin
Aku diberi hak penuh untuk menentukan jalan cerita hidupku
Allah memberi ku pilihan
Apapun yang terjadi saat ini dan masa akan datang adalah pilihan diriku sendiri
Aku tahu Takdir itu takan bisa ditembus oleh apapun.
Takkan gugur selembar daunpun kecuali dengan ijin ALLAH
Kuberdoa semoga ALLAH memberikan petunjuk kepadaku
-Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”
-Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam”
-Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”
-Yang menguasai hari pembalasan” 
-Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan”
-Tunjukilah kami jalan yang lurus”
-(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat”


AMIN.............

Rabu, 03 Agustus 2011

Untukku dan Untukmu



Masing-masing kita dibumi ini; ia mempunyai kemampuan memimpin,

Dan memberi inspirasi kepada yang lain.
Adakalanya pekerjaan kita terasa kecil dan tidak sebanding.
Namun ingatlah kembali! Ombak kecil bisa menjadi besar,,,, menjadi raksasa.
Serta menjadi kekuatan yang menggulung membentuk arus kuat yang tak pernah bisa Diterjang dan pantang terkalahkan.
Mulailah dengan selangkah kecil
Jangan engkau beri kesempatan (jangan biarkan) orang lain menghadang jalanmu... Teruskanlah jalan spesial mu
Mungkin sebagian orang akan mencemoohmu. Namun siapa tahu mereka akan mengikutimu.
Kesuksesan nampak terang begitu nyata, obsesi akan menjadi pelukanmu setelah engkau bisa Singkirkan lainnya.
Ketakutanlah yang menjadi yang menjadikan seseorang terus menjadi kerdil.
Ayo... sekali lagi ayo; hadapilah ketakutanmu. 
Niscaya engkau menikmati kehidupanmu yang agung.
Kemari, tinggalkanlah bangku dudukmu; 
Ayo ikut bermain
Bermain dilapangan kehidupan.
Ayo terjunlah, melompatlah, melangkahlah. Dan keranjang lawan akan nampak
Berpikirlah positif apa yang engkau yakini dan engkau pikirkan.
Suatu masa pastimenjelma pada dirimu.
Bermimipilah tentang sesuatu yang besar......rasakanlah..
 Percayailah.. pastikan keberhasilannya,.!!
Bagaimanapun impianmu, peduli pada yang lain, 
Jadilah manusia PENYAYANG
Jadilah manusia TELADAN
Buatlah suatu perbedaan (Tampilah beda !!)
Sekarang juga !! saat ini juga ..!! sekarang juga !!
Engkau saatnya memberi inspirasi manusia lain. 

Menjaga Hati

Hidup ini tak selamanya sesuai dengan keinginganan kita
tentu tak seru kehidupan ini, apabila jalan cerita sesuai dengan keinginan kita
karena Allah berjanji memberi pertolongan Nya  dalam kesempitan.

bagaimana kita bisa merasakan nikmatnya dekat dengan yang Maha Agung, pabila selera kita masih yang rendah-rendah dan kotor.
bagaimana kita bisa dekat dengan yang Maha Suci, jikalau  kita kotori hati ini dengan yang sesuatu nista, seperti iri dengki dan benci.
tabir hati karena dosa  membuat kita tak bisa melihat hikmah
tabir hati karena dosa membuat kita tak bisa mengenal allah

gelas bening berisi air bening , dimasukan sebutir debu, mudah melihatnya, mudah juga untuk mengambilnya
gelas kotor berisi air kotor, jangankan mengambil kotoran, untuk melihat paku beracun yang berada didalam gelas tersebut pun takkan bisa.

begitulah perumpamaan Hati 

gelas bening berisi air bening, setiap cahaya yang menerpa akan menembus setiap sisi-sisinya
gelas kotor berisi air kotor, cahaya yang menyinarinya takan bisa menembus  gelas tersebut

orang yang hatinya bersih, sedikit ilmu, bisa mencahayai dirinya, merubah akhlaknya dan memberi cahaya bagi sekelilingnya
orang yang hatinya busuk, walaupun disekelilinginya dipenuhi gudang ilmu, takan pernah bercahaya hatinya. 

untuk tau  lebih dalam,,dengarkan ceramah dari Aa Gym ini.. Menjaga Kebeningan HATI



Selasa, 02 Agustus 2011

MIMPI atau ANGAN-ANGAN

Benarkah mimpi masa kini adalah kenyataan hari esok? Jika Anda orang optimis, Anda akan mengetujuinya. Tapi mungkin saja Anda masih berpikir, kemudian otak berputar mencari bantahan terhadap ungkapan ini. Bahkan Anda yang membantah bahwa kita tidak boleh sok tahu dengan masa depan, karena itu adalah urusan Allah.
Kita bukan sok tahu tentang masa depan, tetapi kita menginginkan sesuatu di masa depan, atau yang kita sebut dengan cita-cita. Mimpi, selama itu positif akan mengarahkan tindakan kita pada hal yang positif pula.
Bagaimana agar mimpi kita menjadi kenyataan di hari esok?

Beda Mimpi dengan Panjang Angan-angan

Agar tidak terjadi salah paham bahwa Motivasi Islami mengajarkan panjang angan-angan, saya akan jelaskan apa bedanya mimpi dengan panjang angan-angan. Mimpi artinya mengingkan sesuatu di masa depan. Sementara, panjang angan-angan adalah mengandalkan masa depan. Mengandalkan masa depan jelas tidak boleh, sebab hidup kita akan tergantung oleh sesuatu yang belum jelas. Sementara menginginkan sesuatu di masa depan adalah hal yang berbeda dan itu adalah sah-sah saja selama keinginan itu baik untuk kepentingan dunia dan akhirat.

Agar Mimpi Menjadi Kenyataan

Supaya mimpi masa kini adalah kenyataan hari esok bukan sekedar slogan, ada syarat-syarat yang harus kita penuhi. Harus bertindak? Ya, tetapi bertindak bukan segalanya. Kebanyakan orang akan mengatakan mimpi tanpa tindakan akan percuma. Memang iya, namun pemahaman ini belum seutuhnya benar karena ada pemisahan antara mimpi dan tindakan. Padahal, pikiran dan tindakan adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan.
Lalu seperti apa? Tidak perlu bertindak? Bukan itu maksudnya. Maksudnya adalah mimpi itu sendiri akan membawa tindakan. Tindakan Anda yang lahir itu adalah hasil dari mimpi. Jika seseorang mengaku memiliki impian besar tetapi tidak ada tindakan untuk mewujudkannya, artinya dia tidak benar-benar punya impian. Impiannya hanya di mulut saja sebagai hiasan dalam bicara. Jika impian tersebut sudah tertanam dalam hati, maka tindakan akan secara otomatis mengikutinya.
Jadi, kunci utama agar mimpi menjadi kenyataan ialah kita harus benar-benar menginginkan impian itu. Tindakan akan mengikuti secara otomatis tanpa harus diperintah lagi. Tindakan otomatis inilah yang akan menjadikan mimpi itu adalah sebuah kenyataan. Anda tidak akan nyaman hanya berdiam diri saja tanpa melakukan usaha yang mendekatkan kepada impian. Tidak perlu di dorong-dorong oleh orang lain atau diri sendiri. Tindakan akan hadir dengan sendirinya.
Ingat hadist yang mengatakan jika hati kita baik maka segalanya akan baik. Hati adalah raja, tubuh adalah prajuritnya. Jika hati sudah mengarah ke satu arah maka tubuh pun akan mengikutinya. Semuanya tergantung niat dan niat letaknya di hati. Mimpi itu adalah niat kita untuk mendapatkan sesuatu di masa depan.


Kamis, 07 Juli 2011

Terbanglah Serdadu Kumbang



Terbang tinggi ke awan
Mungkin ada yang bisa ku temukan
Menyeberangi ilalang
Walaupun jauh yang harus ku tempuh
Jalan masihlah panjang
Banyak keinginan yang dilupakan
Masih harus berjuang
Percayalah masih ada banyak harapan
Terbanglah terbang raihlah mimpi
Jangan berhenti terbanglah serdadu kumbang
Maju serdadu kumbang
Jangan menyerah rintangan menghalang
Tenang jalani semua
Percayalah harapan itu masih ada
Terbanglah terbang raihlah mimpi
Jangan berhenti terbanglah tinggi
Terbanglah terbang raihlah mimpi
Jangan berhenti terbanglah serdadu kumbang
Serdadu kumbang yeah
Terbanglah terbanglah terbanglah

Download lagunya disini  : Serdadu Kumbang

Jumat, 01 Juli 2011

Mengatasi Rasa Malas

Malam ini saya teringat postingan om Mario Teguh di facebooknya.
Bagaimana mengatasi rasa malas ?

Saya berjalan di pasar, agar saya malu melihat
jiwa-jiwa baik yang sederhana itu bekerja keras.

Saya berjalan di kampung yang kumuh dan miskin,
agar saya serius belajar menjadi pengangkat
bagi yang masih lemah hidupnya.

Saya berjalan di kuburan,
agar saya berketetapan menjadi pribadi
yang bernilai bagi sesama
sebelum saya dibaringkan di situ,, MT

Jangan LUPA kita juga harus selalu Memotivasi diri Aa Gym

Kalau bukan diri kita sendiri ? siapa lagi ?
Bisa bisa, kuat kuat, berani berani berani, Tegar menghadapi hidup ini.
Setiap masalah sudah ditakar oleh ALLAH,, untukku
Takkan mungkin melebihi batas kemampuan ku
Kenapa kita begitu bangga mengeluarkan kata-kata yang melemahkan diri sendiri
capek, sakit, stresss
Hindari Kata-kata negatif itu
Jangan sampai kita lemah bertambah lemah oleh kata-kata itu
Ucapkanlah kata-kata positif berulang-ulang kali
Percaya diri ...

Semangka ^_^

Semangat karena ALLAH 

Sabtu, 18 Juni 2011

Stressssssss

Kacau
Capek fisik, capek pikiran
Kerja, pulang jam 10 malam terus
Klo mau kuliah mesti kabur dari lembur,, haha,, maaf bos...
Saya kabur, ketika pekerjaan bisa diselesaikan oleh temen-temenku
Denagn Ketidakberadaan saya tidak berpengaruh besar..sama pekerjaan hehe,, (sok penting)
Saya bukan orang yang pro Lembur pak bos

Sayang uey sama kuliahku ,, klo lemburrrrr
Meskipun kadang dosen nya gak masuk
Sedih juga sih, kalau saya sendiri gak masuk kuliah,, haha
Hancur perkuliahan :D  



Bosan bosan,, stresssssssssssss sama kerjaan
Kerja modal tenaga dan nekat, pake pemikiran juga sih dikit,, hehe
Pekerjaan yang tidak pernah kubayangkan, pekerjaan yang tak kuinginkan
Tapi nyatanya???
Memang hidup tak semudah yang kubayangkan
Berpikir berpikir berpikir berpikir sin !!!

Saya minta maaf kepada pembaca blog ini
Beberpa postingan terakhir ,, isinya cuma sampah,, termasuk yg anda baca ini,,
Saya berjanji, ini yang terakhir nulis yang beginian
Blog ku seperti , blog cewe, isinya cuma curhat,, haha
Jijik juga sih nulis yang beginian, trus dipostingin,, tapi gak papa dah,, belajar cengeng,, haha (stressss)
Belajar jadi cewek,, sori klo anda yang baca adalah seorang cewek bin wanita bin perempuan ^^
Bukan maksud saya merendahkan anda..
Maaf

Udah ah gak baik ngeluh,,Terlalu banyak alasan... ngeluh bikin tambah capek hati

SEMANGATTTTTTT mas brooo
Toh Orang sukses ,,gak ada yang kerjanya santai santai
Pelaut hebat, ditempa oleh kerasnya badai dilaut. Bukan dari perairan yang tenang dan tentram
Ada temen yang mengatakan, kalau orang  pernah jatuh dari sepeda
Ada dua kemungkinan yang terjadi, tambah jago naik sepeda atau trauma dan gak pernah mau naik sepeda
 Kalau aku gimana ???? Berpikir berpikir berpikir......

STOP!!
OMG.... kufur nikmat kah aku??
Istigfar istigfar istigfar
Ampuni hamba mu ini ya ALLAH


Senin, 13 Juni 2011

yeah.. I will go

this is not the end
ini baru awal dari hidupku
melihat masa laluku
terlalu banyak kesalahan dalam memilih langkah
setiap pilihan ada harga yang harus kubayar
aku tak menyesali apa yang telah kupilih
toh ini adalah janjiku
toh ini adalah hidupku
ALLAH memberikan ku pilihan
hidup ku baru dimulai
tunjukalah hamba - Mu ini jalan yang lurus

bismillah
now,,my time isn't much
next year,, yeah,, next year
i wanna say goodbye 
to this place
sayonara kebodohan

Sabtu, 11 Juni 2011

Air

entahlah
apa yang terjadi-terjadilah
aku tak tau apa yang akan terjadi, nanti dan esok
aku ingin seperti air
bisa cepat berdaftasi dengan tempat yang dialirinya
mengalir-mengalir
tak banyak bicara
tapi banyak memberi manfaat dimana ia berada
lemah lembut
tapi bisa menjadi senjata yang paling mematikan di dunia
air air air
aku ingin seperti air

Kamis, 26 Mei 2011

Do'a


Tuhan apapun karunia Mu.
untuk ku di dunia.
hibahkan pada musuh-musuh Mu.
dan apapun karunia Mu.
untuk ku di akhirat.
persembahkan kepada sahabat-sahabat Mu.
oo bagiku cukuplah Engkau.
oo bagiku cukuplah Engkau.

bila sujudku pada Mu .
karena takut neraka.
bakar aku dengan apinya.

bila sujudku pada Mu.
karena damba surga.
tutup untukku surga itu.

namun bila sujud ku demi kau semata.
jangan palingkan wajah Mu.
aku rindu menatap keindahan Mu.
aku rindu menatap keindahan Mu.

Selasa, 24 Mei 2011

Mahakam (Darah ku)

Senja di tepian Sungai mahakam



 sungai ini
sungai terpanjang di kaltim
sungai yang banyak memberi penghidupan  
sungai ini dulu berair jernih
namun sekarang berair keruh
keruh, akibat pencemaran berbagai limbah 
keruhnya sungai ini seperti keruhnya darahku
terlalu banyak zat yang tidak baik terlarut dalam setiap tetes darahku
darah adalah jalannya setan
ya !! terlalu banyak setan didalam tubuhku
musuhku yang nyata ini, menguasai tubuhku 
aku tak tau bagaimana membunuh setan yang selalu menjerumuskan ku
akal ku tak bekerja lagi secara maksimal
nafsu, ya nafsu yang mengalahkan akalku
aku takut
takut
takut
takut menjadi budak nafsu

Tuhan pemilik semesta alam
sungguh tiada daya dan upaya melainkan dari-Mu
Tiada tempat mengadu yang terbaik ,selain kepada Engkau
Ampunilah dosa-dosa ku
sungguh kutau, dosa-dosa ku tak terhitung lagi
begitu banyak dosa yang selalu terulang 
aku taubat
kemudian dosa itupun terulang lagi
sungguh ku malu
malu pada diriku
malu meminta kepada engkau
tapi engkau adalah Tuhanku
Tuhan tempat aku berharap, Tuhan tempatku meminta
Tuhan tunjukanlah hambamu ini jalan yang benar
ridho mu lah yang ingin aku dapatkan
Tuhan ampunilah aku
Tuhan tolonglah Kami
Di jembatan mahakam 2

Senin, 23 Mei 2011

PEMIMPIN ISLAM

"Setiap kalian adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas apa yang di pimpinnya, Seorang penguasa adalah pemimpin bagi rakyatnya dan bertanggung jawab atas mereka, seorang istri adalah pemimpin di rumah suaminya dan dia bertanggung jawab atasnya. Seorang hamba sahaya adalah penjaga harga tuannya dan dia bertanggung jawab atasnya. (HR Bukhari)
Beberapa kriteria kepemimpinan dalam islam :

1. Menggunakan Hukum Allah
Dalam berbagai aspek dan lingkup kepemimpinan, ia senantiasa menggunakan hukum yang telah di tetapkan oleh Allah, hal ini sebagaimana ayat ;

"Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamuberlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya". (Qs : 4:59)

Melalui ayat di atas ta'at kepada pemimpin adalah satu hal yang wajib dipenuhi, tetapi dengan catatan, para pemimpin yang di ta'ati, harus menggunakan hukum Allah, hal ini sebagaimana di nyatakan dalam ayat-Nya yang lain :

"Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu dan janganlah kamu mengikuti pemimpin-pemimpin selain-Nya. Amat sedikitlah kamu mengambil pelajaran (daripadanya)". (Qs: 7 :3)

"..Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir..." (Qs :5:44)
"..Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang zalim..." (Qs: 5 45)
"..Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang fasik.." (Qs: 5 :47)
" Apakah hukum Jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin ?". (Qs : 5 :50)

Dan bagi kaum muslimin Allah telah dengan jelas melarang untuk mengambil pemimpin sebagaimana ayat;

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim". (Qs : 5 : 51)

Dari beberapa ayat diatas, bisa disimpulkan, bahwa pemimpin dalam islam adalah mereka yang senantiasa mengambil dan menempatkan hukum Allah dalam seluruh aspek kepemimpinannya.


2. Tidak meminta jabatan, atau menginginkan jabatan tertentu..
"Sesungguhnya kami tidak akan memberikan jabatan ini kepada seseorang yang memintanya, tidak pula kepada orang yang sangat berambisi untuk mendapatkannya" (HR Muslim).

"Sesungguhnya engkau ini lemah (ketika abu dzar meminta jabatan dijawab demikian oleh Rasulullah), sementara jabatan adalah amanah, di hari kiamat dia akan mendatangkan penyesalan dan kerugian, kecuali bagi mereka yang menunaikannya dengan baik dan melaksanakan apa yang menjadi kewajiban atas dirinya". (HR Muslim).

Kecuali, jika tidak ada lagi kandidat dan tugas kepemimpinan akan jatuh pada orang yang tidak amanah dan akan lebih banyak membawa modhorot daripada manfaat, hal ini sebagaimana ayat ;

"Jadikanlah aku bendaharawan negeri (mesir), karena sesungguhnya aku adalah orang yang pandai menjaga dan berpengetahuan". (Qs : Yusuf :55)

Dengan catatan bahwa amanah kepemimpinan dilakukan dengan ;
1. Ikhlas.
2. Amanah.
3. Memiliki keunggulan dari para kompetitor lainnya.
4. Menyebabkan terjadinya bencana jika dibiarkan jabatan itu diserahkan kepada orang lain.

3. Kuat dan amanah
"Salah seorang dari kedua wanita itu berkata: "Ya bapakku ambillah ia sebagai orang yang bekerja (pada kita), karena sesungguhnya orang yang paling baik yang kamu ambil untuk bekerja (pada kita) ialah orang yang kuat lagi dapat dipercaya." (Qs : 28: 26).

4. Profesional

"Sesungguhnya Allah sangat senang pada pekerjaan salah seorang di antara kalian jika dilakukan dengan profesional" (HR : Baihaqi)

5. Tidak aji mumpung karena KKN
Rasulullah SAW, "Barang siapa yang menempatkan seseorang karena hubungan kerabat, sedangkan masih ada orang yang lebih Allah ridhoi, maka sesungguhnya dia telah mengkhianati Allah, Rasul-Nya dan orang mukmin". (HR Al Hakim).

Umar bin Khatab; "Siapa yang menempatkan seseorang pada jabatan tertentu, karena rasa cinta atau karena hubungan kekerabatan, dia melakukannya hanya atas pertimbangan itu, maka seseungguhnya dia telah mengkhianati Allah, Rasul-Nya dan kaum mukminin".

6. Menempatkan orang yang paling cocok
"Rasulullah menjawab; jika sebuah perkara telah diberikan kepada orang yang tidak semestinya (bukan ahlinya), maka tunggulah kiamat (kehancurannya)". (HR Bukhari).
Dalam konteks hadits ini, setidaknya ada beberapa hal  yang bisa kita cermati,

1. Seorang pemimpin harus bisa melihat potensi  seseorang.
Setiap manusia tentunya diberikan kelebihan dan  kekurangan.Kesalahan terbesar bagi seorang pemimpin  adalah ketika dirinya tidak bisa melihat potensi seseorang dan menempatkannya pada tempat yang  semestinya. Begitu pentingnya perhatian bagi seorang pemimpin terhadap hal ini, maka Rasulullah saw bersabda sebagaiman hadits pada poin 5 di atas.

Ketidakmampuan pemimpin dalam hal ini hanya akan membuat jama'ah atau organisasi yang di pimpinnya  menjadi tidak efektif dan efisien, bahkan tidak sedikit kesalahan pemimpin dalam hal ini menimbulkan kekacauan yang membawa kepada kehancuran.

2. Bisa mengasah potensi seseorang.
Selain ia bisa melihat potensi pada diri seseorang, seorang pemimpin dengan caranya yang paling baik, ia  bisa mengasah potensi mereka yang berada dalam  kepemimpinannya. Mengasah potensi seseorang berbeda dengan "memaksa" seseorang untuk menjadi seseorang yang tidak di inginkannya.

3. Menempatkan seseorang sesuai dengan potensi yang ia  miliki.
"Right man in the right place", adalah ungkapan yang  seringkali kita dengar. Bahwa menempatkan seseorang  itu harus berada pada tempat yang paling tepat bagi orang tersebut serta penugasannya.

4. Mengatur setiap potensi dari mereka yang di pimpinnya menjadi satu kekuatan yang kokoh.
Bangunan yang baik, kokoh dan indah tentunya tidak hanya terdiri dari satu elemen, tetapi terdiri dari berbagai elemen yang ada di dalamnya. Tentunya, penempatan dan penggunaan masing-masing elemen itulah yang sangat mempengaruhi bagaimana sebuah bangunan itu.  Perumpamaan sederhana ini bisa kita gunakan untuk memahami tugas seorang pemimpin dalam menempatkan, menggunakan mereka yang berada dalam kepemimpinannya.

Rabu, 11 Mei 2011

Pengen Pelihara Burung Hantu

Burung hantu adalah burung yang tidur di siang hari dan bangun pada malam hari. Suaranya tidak semerdu burung kicauan. Suaranya terdengar melengking kadang-kadang bersiul dan berteriak. Lain waktu malah tidak terdengar. Lihat photo di bawah ini, kalau modelnya kayak gini ane pelihara burung Hantu guys. ^^

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com

http://hermawayne.blogspot.com