Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Pages

Selasa, 15 Maret 2011

Motherboard


MOTHERBOARD biasa disebut dengan MOBO atau MAINBOARD adalah salah satu komponen dari Rangkaian Komputer, Komponen tersebut dinamakan Motherborad karena memang komponen ini merupakan komponen utama dari rangkaian CPU, jadi motherboard dapat diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Papan Induk atau papan utama. Jika processor kita umpamakan sebagai otak atau bagian kepala pada manusia, maka MotherBoard bisa kita anggap sebagai tubuh, atau badan.

Beberapa istilah di MAINBOARD

BIOS 
Basic input/output system adalah Suatu bentuk sistem operasi paling dasar yang berfungsi sebagai komunikasi dan pengaturan awal dari hardware di suatu sistem komputerisasi serta pengenalan hardware tersebut.

Chipset
Chips atau chipset merupakan potongan-potongan kecil silikon yang di package sedemikian rupa sehingga membentuk satu kesatuan komponen elektronik yang rata-rata fungsi utamanya sebagai controller dari komponen-komponen hardware lain. Ia juga bisa digunakan untuk menyimpan informasi seperti memory. Contoh dari chipset adalah Processor, memory chip dan sebagainya.

CMOS
Complementary Metal Oxide Semi conductor, adalah suatu teknologi untuk membangun integrated circuit seperti chipset. Nama CMOS juga diambil dari bahab dasar pembuat chipset terbuat dari metal Oxide. CMOS bisa juga merujuk kepada BIOS di motherboard.

FSB (Front Side Bus)
Pada Microprocessor, FSB menghubungkan processor dengan memory utama. Ini juga digunakan untuk mengkomunikasikan antara processor dengan komponen lainnya yang ada di motherboard.

LGA 1366
Memiliki kepanjangan Land Grid Array, adalah jenis socket yang digunakan CPU khusunya Intel. Di sini, pin berada di socket, bukannya di processor lagi. sedang angka 1366 menunjukan banyaknya kaki-kaki pin socket.

MicroATX
Form factor 17x17 cm yang digunakan untuk dimensi motherboard atau juga casing untuk menempatkan motherboard tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar