Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Pages

Jumat, 25 Januari 2013

MEMORABLE TREKING MAHAMERU WITH BACKPACKER STORE #1

Sabtu malam, Perjalanan dimulai, berangkat dari rumah pukul 1 subuh, menggunakan kijang carteran.  saya , Sauki dan Ruspi mencoba melewati malam itu dengan tidur di dalam mobil.
Perjalanan 5-6 jam dari bontang menuju Balikpapan tentu akan cukup melelahkan.

Sampai di bandara sepinggan jam 7 pagi, kita harus menunggu 2 jam lagi untuk penerbangan pesawat Lion menuju Surabaya, dibandara saya melihat beberapa orang yang berpakaian mirip saya, ala pendaki Gunung, dengan tas-tas yang kelihatannya berat, sepatu gunung dan perlengkapan lainnya, tetapi cara berpakain mereka lebih modis dan kelihatannya masih baru-baru.
Dalam hati saya bertanya , mungkinkah mereka juga akan pergi ke semeru atau gunung yang lain  ??  atau mungkinkah mereka salah satu korban Film 5 CM...hehe....hanya Allah yang tau.

Bandara Sepinggan adalah tempat  pertama kali berjumpa  dengan lovie gustian, seorang wartawan, dan leader di tim Arcopodo pada acara memorable treeking mahameru kali ini, saya sendiri gak tau bagaimana ceritanya dia terpilih menjadi leader tim, melalui pemilu atau penujukan langsung. Karena saya bergabung acara ini, pada menit menit terakhir.
Lovie, Orangnya suka bercanda,  sering kita beradu canda di grup Bbm.  Ngakak gak jelas , gak karuan apa yang di bahas. Bisa dibilang grup gila deh, battere BB ku cepet abis dibuatnya  !!!
Sebelum Terbang, waktu yang ada kita gunakan untuk bertemu.  Waktu itu Kita berpapasan dan saya gak ngeh berpapasan dengan bang lovie,  kalau dia gak menarik tangan saya. mungkin saya akan jalan terus keluar terminal dua.
Woooooww ...Kesan pertama dimata saya, maco cinttt, sangar rekkk, sumpah !! jadi rada takut becanda nih, takut di masukin ke Koran halaman utama sebagai pelaku pemerkosaaan laki laki..haha
nih penampakan bang lovie
 Pesawat kami take of lebih cepat satu jam dari pesawat bang lovie yang terbang jam 10. 

Selama 2 jam kita akan terbang diatas sana, melintas antar pulau dan membelah lautan. 
Penerbangan kali ini sangatlah menyenangkan !  pramugari pramugari penerbangan kali ini cantik cantik bray !!!,,,hehehehe
tinggi, hidung mancung, tutur kata yang lemah lembut,, oh my God, perempuan adalah makhluk terindah yang di ciptakan oleh Tuhan

2 jam pun akan berakhir ketika terdengar pengeras suara "Beberapa saat lagi kita akan mendarat di bandara juanda Internasional, mohon ikat kembali safety belt anda ". 
Dari jendela saya melihat landasan pesawat, pesawat ini akan turun !, bunyi mendesing yang membuat telinga ini sakit, pesawat yang tinggal turun, entah kenapa kembali naik keatas.
Semua penumpang pada ribut dan bergumam tidak jelas, saya sendiri bingung, hanya bisa menanti penjelasan dari awak kapal pesawat. 
30 menit kemudian pilot bersuara lewat pengeras suara, menjelaskan pesawat tidak bisa landing karena ada angin berkecepatan 26 knot diatas landasan, sangat tidak dianjurkan untuk landing karena akan sangat membahayakan buat pesawat, pilot memutuskan untuk pergi ke bali (ngurah rai airport) untuk mengisi bahan bakar.
Ribut lagi dah para penumpang pesawat, pada ngedumel masing masing. Saat itu saya hanya berpikiran pasti ada hikmahnya kejadian ini, cuaca emang buruk, mending telat dan selamat daripada dipaksa landing,  besok hari kita hanya tinggal sebuah nama.
"Saya belum nikah tuhan" (doa ketika keadaan pesawat mengkhawatirkan) perjalanan yang seharusnya cuma 2 jam, menjadi 4 jam. lumayan tambah tepos pantat

akhirnya  kita sampai  Di bandara juanda surabaya, 
Dibandara telah menanti Rully , temen saya yang juga berasal dari bontang, dia udah menunggu kami selama 4 jam, jadi merasa bersalah juga sih membuat dia menunggu selama itu, tetapi dia juga gak punya pilihan selain menunggu kita, karena dia gak mau bayar carteran mobil sendirian,,hehe

Menumpangi mobil avanza yg dikemudikan oleh temannya niza, kita meluncur menuju malang, jalanan waktu itu sih tergolong macet karena memang musim liburan dan akibat lumpur porong.
sesampainya di malang kita sempatkan untuk mampir ke beberapa toko outdoor untuk membeli perlengkapan yang masih kurang, saya sendiri membeli jaket, ruspi membeli sarung tangan titipan teman-teman , sauki membeli tenda dan perlengkapan lain. 
Setelah selesai, Perjalan kita lanjutkan menuju ke tumpang, jam 9 malam kita udah sampai di TKP (Balai Rakyat Tumpang). 
Perkiraan saya tumpang adalah sebuah desa, ternyata dugaan saya salah besar, tumpang adalah sebuah kecamatan,ramai  deh, kalau di kalimantan udah disebut kota yang model beginian...hehe

balai rakyat tumpang

Semua peserta Backpackerstore" dari berbagai penjuru indonesia berkumpul di balai kelurahan Tumpang, tempat yang cukup memprihatinkan menurut saya, semacam kamp pengungsian, balai ini memiliki dua WC, kotor dan  lampunya mati, maklum lah, milik khalayak ramai.
saya sendiri sempat mandi malam itu di WC tersebut, karena merasa tidak enak dengan bau badan sendiri, kelamaan duduk di pesawat,,hehe
malam semakin larut, teman teman masing masing tidur diatas matrasnya  dan tak beraturan pemandangan itu persis seperti korban banjir bandang,ketidak nyamanan ini tertutupi oleh hangatnya pertemanan yang baru terjalin, canda dan tawa para peserta.

 Hari kedua/minggu, kosong dan gelappp, sayup sayup saya dengar suara halus perempuan, "bangunin tu yasin" Tidur ku yang sebentar itu ,di ganggu oleh Bang Lovie, saya kaget dan bangun, saya lihat sekeliling , ternyata saya yang paling telat bangunnya....hoaammm,,, masih ngantuk ya ALLAH

Pagi !!  saya menemani Mba alia, niza, wiwin dan mba sandra berbelanja di pasar tumpang keperluan logistik yang masih kurang. Trus menemani sauki untuk membeli bendera merah putih yang rencananya akan kita kibarkan di puncak mahameru . Dipasar ini saya banyak melihat para pendaki membeli berbagai kebutuhan mereka . 
Setelah sarapan nasi pecel di pasar, saya  langsung pergi ke WC umum di pasar, WC di pasar tumpang ini lumayan bersih, jauh lebih baik dari WC yang ada di balai rakyat tumpang, karena di jagain sama seorang kuncen yang asik meliat televisi. Pikiran ku kala itu cuman satu, ini adalah kesempatan terkahir saya membuang sampah yang ada di tubuh ini, 4 hari kedepan, mudah-mudahan ni perut gak ada mules.. haha

Balai Rakyat tumpang, waktu berlalu, teman-teman mulai gelisah menunggu keberangkatan menuju ranupane, desa terakhir di gunung semeru. Saya sendiri dan ruspi Sudah mulai capek menunggu ketidak pastian ini, beruntung, balai rakyat itu adalah tempat senam manula di pagi hari,  lumayan membuat kita tersenyum kecil , melihat gerak gerik para kakek dan nenek yang tetap semangat meskipun usia mereka sudah uzur.
Balai ini juga tempat anak-anak berlatih menari, asik sekali rasanya melihat mereka menari, gerakan tubuhnya  luwes, gak kayak aku, mungkin kalau disuruh ikut, patah-patah deh ni tulang....wkwkwkwk

mba alia

lady rocker & police women

orang ganteng : ruspianto

nisa nurmalasari

arcapada tim

orang gila

arcopodo

wa niza dan dan wa farah

photographer



Hari sudah siang, perut masih kenyang,saya dan Ruspi memutuskan untuk membeli 2 nasi bungkus yang rencananya akan kita makan untuk trekking nanti, diwarung ini saya bertemu mas Benny sweper sukarela yang diminta bantuannya dari backpackerstore, kita pun berkenalan. terjadilah percakapan yang kurang lebih seperti ini

Yasin: Bang, kok lama banget ya kita gak berangkat-berangkat?
Benny : iya nih, saya udah bosen, dari kemaren pagi malah saya disini, bosen saya mah udah
Yasin : kenapa Bang ya ? kok kayak gak terencana begini ? lelet banget
Benny : Si Dedi,   para sweper udah kasih masukan, agar pake truck aja, ke ranupane nya. Karena jeep yang dicari lagi pada sibuk semua, tapi dia gak mau terima masukan dari kita, Biar temen-temen peserta merasakan ke Semerunya katanya kalau naik Jeep
Yasin : kalau kita sih gak papa bang, naik jeep sama truck sama aja rasanya  mending  naik Truck daripada begini ,, TELAT......belum apa-apa kita udah capek.Ni BpsStore juga gak profesional sekali, saya kira semuanya sudah di booking, tinggal berangkat aja, ternyata nyari jeep pas di tumpang, ya repoootttt!. panitia aja gak keliatan yang mana, gak ada identitasnya
Benny : kalian tau ini, dari twitter ya ?
Yasin : iya bang, sebenarnya kita pengen berangkat sendiri kemaren, mendengar semeru ditutup,  akhirnya kita cari-cari organisasi yang bisa membawa kita naik semeru

percakapan berakhir ketika nasi yang kita pesen  sudah selesai
Menunggu lagi, capek kaka,saya dan ruspi cuma bisa ngedumel gak jelas
Kenapa kita bisa ikutan yang beginian, kenapa gak berangkat sendiri aja ya ??.haha
setengah jam kemudian datanglah satu jeep yang ditunggu, kemudian satu lagi datang, peserta peserta dengan hati riang berphoto-photo di jeep yang datang.
Saya,ruspi, tedjo dan bang lovie,Mengalah kita berangkat kloter terakhir
Menunggu lagi!!, kayaknya kita nunggu jeep yang tadi balik deh bang dari ranupane,, omong ku ke ruspi
mati kitaaaaaa,, sahutnya...hahaha


Bersambung .......



Tidak ada komentar:

Posting Komentar